20 Tahun Manga One Piece

Hosting Unlimited Indonesia

Tulisan ini seharusnya saya posting 19 Juli 2017. Tapi akhirnya saya putuskan untuk hanya posting di facebook karena sayba pikir terlalu pendek. Pendek dikarenakan oleh imajinasi saya yang terbatas. Hari ini berhasil saya kembangkan mnjadi versi yang lebih lengkap selamat membaca ya.

Hari ini (19/7/2017) Tepat 20 tahun sudah Manga/komik One Piece. Ya, 20 tahun. Itu artinya saya hanya lebih tua 3 tahun 3 bulan kurang 10 hari. Mustinya semua orang sudah tau serial kartun yang satu ini karena memang sudah terkenal. Terutama generasi milenial. Buat yang belum paham mari baca penjelasan saya di paragraf selanjutnya.

Manga adalah komik asal Jepang, dan anime adalah seriak film kartun asal Jepang. Manga/Komik dan Anime One Piece bercerita tentang seorang anak manusia pemakan buah setan Gomu-gomu dan menjadi manusia karet yang berlayar di laut luas berpetualang sendirian, menemukan teman-teman dan memimpin meraka sebagai kapten yang bercita-cita menjadi Raja bajak laut dengan menemukan harta karun legendaris milik Raja bajak laut sebelumnya yang disembunyikan di pulau misterius yang tersembunyi. Harta tersebut bernama One Piece.

Setelah berjalan selama 20 tahun lebih saya, sebagai penikmat alur ceritanya (bukan fans karena saya tidak fanatik) berharap semoga ceritanya makin seru dan makin mengundang decak kagum akan prediksi alur cerita yang hampir selalu salah. Dan sampai saat ini ceritanya makin seru dan bikin saya penasaran akan bagaimana kelanjutannya.

Dulu saat tiba di dresrosa sekitar 2 tahun yang lalu ceritanya sempat tegang. Rencana awal Aliansi bajak laut Mugiwara dan Shicibukai Law hanya untuk 2 tujuan. Tujuan itu yakni Law bernegosiasi mengembalikan Caesar kepada Doflamingo karena dia telah memenuhi ancaman law untuk mundur dari Shicibukai. Sementara itu di saat Law bernegosiasi Luffy dan teman -temannya diharapkan danpat menemukan dan menghancurkan pabrik pembuatan buah setan buatan yang yang disebut Smile. Menurut Law dengan kehilangan Smile maka Yonkou Kaido yang marah karena tidak lagi bisa mendapatkan Smile untuk menambah kekuatan pasukannya akan memburu Doflamingo . Perang besar akan terjadi dan di saat mereka telah kehilangan kekuatannya Law dan Luffy serta teman-temannya datang untuk menjatuhkan Doflamingo dan Yonkou Kaido Sekaligus. Itulah rencana awal aliansi Kelompok bajak laut Mugiwara/ Topi Jerami dan Law.

Akhirnya memang prediksi fans benar bahwa, disana seorang Raja yang juga punya Haki Raja yakni bajak laut Donquixot Doflamingo yang diakui pemerintah sebagai shicibukai akan tumbang di tangan kapten kita bajak laut Topi jerami / mugiwara, Monkey D. Luffy. Sisi gelap dan kekejaman Doflamingo di Dresrosa akhirnya terungkap. Dan pertarungan itupun terjadi.

Tapi hanya sebatas itu saja kebenaran prediksi fans, ceritanya tidak semudah itu. Siapa kira jika Doflamingo tumbang hanya dengan separuh anggota bajak laut mugiwara. Siapa kira bahwa Doflamingo akan lebih dahulu dipenggal oleh kyros meski ternyata hanya bunsin atau tiruan yang dibut menggunakan kekuatan benangnya. Atau siapa kira Sabo saudara angkat/ kakak luffy yang selain Ace tiba-tiba muncul dan ternyata telah menjadi orang nomor 2 dalam pasukan Revolusi pimpinan ayahnya Luffy Monkey D. Dragon.

Begitulah serunya cerita One Piece. Tidak heran Manga/Komik dan anime ini punya fans yang sangat banyak. Sang mangaka atau pengarangnya Eichiro Oda benar-benar secara brilliant telah sukses memutar otak menyuguhkan alur cerita dan ending yang sebenarnya sudah diguga dengan sentuhan proses yang tidak terduga. Pada akhirnya di setiap pertarungan Kapten kita Luffy pasti berahasil mengalahkan musuh-musuhnya. Namun prosesnya hampir tidak ada yang terlihat dipaksakan. Selalu ada-ada saja penjelasan yang masuk akal mengapa Luffy bisa menang. Fans benar-benar dimanjakan oleh keseruannya.

Menurut saya memang tidak asik apabila jika jalan ceritanya 50% telah sesuai seperti prediksi dan permintaan fans. Disinilah hebatnya sang Mangaka, eksplorasinya dalam berimajinasi berhasil menampilkan alur cerita yang lebih seru dari hasil akhir prediksi para fans. Tidak seperti manga lain yang sudah lebih dahulu TAMAT. Yang jelang akhir ceritanya agak dipaksakan. Meski endingnya juga lumayan seru. One Piece hampir selalu menyajikan kejutan dalam klimaksnya.

Saya selaku penikmat alur cerita Manga/Komik dan Anime One Piece jadi makin penasaran bagaimana cerita lanjutannya. Dalam Chapter 873 kemarin ceritanya kembali memanas. Setelah sempat berusaha kabur dan seolah sudah hampir berhasil menghindari konflik besar dengan Yonkou BIG MOM. Sempat saya kira bahwa ceritanya kurang seru karena luffy yang lagi-lagi hanya membawa setengah anggotanya untuk menjemput Sanji sang koki berhasil kabur. Saya pikir disanalah klimaksnya. Dan sekarang malah sang Yonkou Big Mom mengejar dan malah sudah ada dihadapan mereka. Akankah pertarungan Luffy dan Big Mom akan terjadi disini sesuai dengan keinginan para fans yang sudah tidak sabar melihat Luffy sudah setara atau bahkan segera sudah bisa mengalahkan salah satu Yonkou. Menarik.

Namun sebagai penikmat alur cerita One Piece saya pikir masih belum saatnya bagi Luffy untuk mengalahkan Yonkou Big Mom. Bukannya karena belum mampu. Tapi dari awal kedatangannya ke wilayah Big Mom Luffy berkata hanya ingin membawa Temannya Sanji kembali ke kapalnya. Dan bukan untuk menjatuhkan Yonkou Big Mom. Situasi saat ini mungkin sengaja di buat Oda agar jalan ceritanya makin membuat penasaran para fans. Tentu apa cerita selanjutnya hanya akan terjawab pada chapter-chapter selanjutnya. Sayangnya untuk minggu ini libur dan chapter selanjutnya baru akan terbit di minggu atau kamis minggu depan.

Hanya itu alasan saya untuk terus membaca dan menikmati alur cerita Manga/Komik dan anime One Piece. terlepas dari gambar yang visualisasinya agak vulgar, cerita one piece memang keren dan wajib dibaca pecinta manga

Silakan Berkomentar Menggunakan Facebook disini