Lagi Diuji

Hosting Unlimited Indonesia

Entah Allah tak lagi sayang kami atau apa ujian-ujian terus-terusan datang bertubi-tubi. Mulai dari merosotnya penjualan yang berujung menukik terjun bebas penghasilan orang tua saya dari berdagang. Motor kesayangan sudah dijual. Mobil juga sudah dijual, Baca Disini: Mobil Kami Akhirnya Terjual. Salah satu tempat usaha dagang juga sudah dijual. Namun uang yang ada sebagai modal melanjutkan usaha masih juga selalu kurang. Mungkin keluarga kami lagi diuji.

Selain usaha keluarga, persoalan pelik juga menghampiri usaha saya secara pribadi. Usaha yang saya rintis bersama teman-teman kehilangan pangsa pasar semenjak “terpaksa” pulang kampung. Suntikan dana tambahan melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di kampus yang sangat diharapkan ternyata tidak di setujui kampus. Usaha lain melalui tim yang berbeda memang sukses dengan kata “Di Danai” oleh kampus namun tidak ada tindak lanjutnya setelah dana cair. Modal usaha jual pulsa habis untuk beli pulsa. Uang Beasiswa habis untuk biaya kuliah. Belum lagi usaha untuk menyelesaikan kuliah yang masih saja menemui dinding. Mungkin saya juga lagi diuji.

Harapan sempat hidup kembali untuk sementara. Bulan Oktober saya ingin mendaftar Domain pertama saya. Saya ingin memulai langkah besar menjadi seorang Blogger sukses, itulah ceritanya. Awalnya memang tidak punya Dana. Untuk beli Domain serta Hostingnya. Saya berupaya me loby ketua kelompok PMW saya. Merendahkan diri berharap dia mau bekerja sama dan mendanai proyek penelitian saya yang berjudul “Cara Cari Uang Menggunakan Website”. Ternyata saya di abaikan. Kecewa. Sangat Kecewa. Kesabaran saya lagi diuji.

Saya kemudian menemukan peluang lainnya. Pemerintah punya program 1Juta Domain gratis. Saya ikut mendaftarkan domain Surprise.id sesuai nama usaha dalam PMW. Saya juga mendaftarkan domain lainya salah satunya Dekapunya.id untuk jadi Blog pribadi sekaligus toko online saya.

Mulai bulan November saya aktif membuat tulisan-tulisan di blog website Dekapunya.id. Website ini memang lebih saya fokuskan untuk mencatat keseharian saya sekaligus tempat saya belajar menulis. Memasuki tahun baru 2017 website Dekapunya.id mulai ramai. 100 pengunjung perhari. Cukup tinggi menurut saya karena mayoritas isi website saya tersebut hanyalah cerita-cerita keseharian saya dan beberapa opini. Tanggal 23 Januari 2017 tulisan pertama yang saya berani kirim ke koran terbit kamu bisa baca selengkapnya disini. Setelah tulisan pertama saya terbit website saya menjadi semakin ramai karena memang saya menaruh link website saya di deskripsi penulis. Saat orang-orang membaca tulisan tersebut maka mereka juga akan membaca bahwa saya seorang blogger biasa di Dekapunya.id. Mimpi jadi seorang blogger sukses pun sepertinya hanya soal waktu saja.

Sangat bersemangat ternyata kegembiraan saya hanya berlangsung untuk sementara. Saya benar-benar Lagi diuji. Jelang akhir bulan Februari 2017 saya kehilangan akses atas website saya (Dekapunya.id). Ada hacker kurang kerjaan yang meretas website saya. Saya sudah menghubungi perusahaan penyedia Domain dan Hostingnya dan saya pasrah atas apa yang kedepan mungkin terjadi. Benar-benar sekali lagi diuji.

Jalan cerita sukses jadi penulis juga tertunda. Ide-ide tulisan seolah sirna bersamaan dengan website Dekapunya.id yang tidak bisa di akses. Saya akhirnya kembali mengurusi skripsi. Setelah tertunda di bulan Februari tanggal 30 Maret 2017 akhirnya saya menjalani proses Ujian Seminar Usulan Skripsi. Ujian saya habis? Ternyata belum proses Revisi atau perbaikan proposal penelitian ternyata cukup rumit. Lagi-lagi saya lagi diuji.

Bulan Maret 2017 saya menghidupkan website dengan domain Surprise.id. Website ini awalnya untuk usaha PMW yang saya dan teman-teman ikuti. Belakangan, karena tidak terpakai saya kemudian berkeinginan menjadikannya sebagai media berita yang menyajikan keceriaan bagi para pembacanya. Saya mengajak beberapa teman untuk menjadi pengurusnya. Namun sia-sia. Sulit sekali mencari orang-orang yang punya visi yang sama dengan saya. Perusahaan media Surprise.id pun seolah mati suri. Lagi-lagi saya lagi diuji. Saya kemudian menghidupkan Surprise.id sebagai blog pribadi saya untuk sementara. Saya menceritakan perjalanan saya menuju ujian Seminar Usulan Skripsi disana.

Saya tidak bisa setiap hari saya update postingan namun pengunjungnya tembus 14 ribu orang perhari. Disinilah saya baru benar-benar mengerti bahwa ternyata pemilihan Domain sangat penting bagi sebuah website. Jika Domain diibaratkan sebuah jalan maka Hosting adalah rumah atau toko. Sebagus apapun rumah atau selengkap apapun isi sebuah toko kalau berada di lokasi jalan yang jarang dilewati orang-orang tetap akan sepi. Setidaknya akan lebih sepi dibandingkan dengan yang berada di jalanan yang sering di lewati orang-orang. Dan website saya dengan domain Surprise.id ternyata cukup ramai di kunjungi orang-orang. Saya membayangkan seandainya website saya tersebut sudah saya isi banyak postingan yang dibutuhkan orang-orang. Kemungkinan pengunjung yang datang akan lebih ramai lagi.

Ketika website Dekapunya.id kembali bisa saya akses saya berencana akan memindahkan keseluruhan isinya ke domain dan hosting Surprise.id. Itu keinginan saya setelah mengetahui secara nyata bahwa Surprise.id punya prospek yang lebih cerah. Ternyata. Saya kembali Lagi diuji. Website Surprise.id tersebut memiliki masalah lain. Pengunjung yang terus datang ternyata sudah terlalu banyak dan sepertinya melebihi kapasitas paket domain dan hosting yang saya miliki hingga akhirnya website Surprise.id di Suspend.

Sial, sepertinya butuh waktu lebih lama lagi buat saya untuk menjadi seorang blogger sukses. Butuh modal berupa uang? Tidak sepenuhnya salah sih, tapi kalau uang tersebut tidak gunakan secara bijak dalam memilih maka hasilnya hanya pemborosan atas sesuatu yang sia-sia.

Website Dekapunya.id kembali bisa di akses. Tampilannya berubah. Pengunjungnya sepi. Mungkinkah ujian untuk saya berakhir dengan kembalinya website Dekapunya.id? Entahlah. Yang perlu saya lakukan adalah lebih banyak belajar lagi. Trial eror yang saya jalani saat ini mungkin akan jadi jalan penuntun bagi kesuksesan saya dimasa depan. Aamiin.

Silakan Berkomentar Menggunakan Facebook disini