Peringatan Hari Guru Nasional

Hosting Unlimited Indonesia

img_2015-25-11-11-07-51Hai guys kamu ingat gak ini hari apa? hari jum’at!!! Emmm benar juga sih hari ini memang bertepatan dengan hari jum’at. Baiklah saya ganti pertanyaannya ada yang ingat gak kalau setiap tanggal 25 November di Indonesia diperingati sebagai hari apa ya? emm entahlah??? wah parah nih, kamu pasti belum sempat buka facebook nih, coba deh kamu buka facebook pasti disitu bakal muncul kiriman foto tentang peringatan kalau hari ini bertepatan dengan Hari Guru Nasional. ohhhh gitu ya… kirain apaan, kalau gak buka facebook kamu juga gak bakal ingat kan? hehehe iya sih, saya juga tadi pagi baru ingat kalau hari ini adalah hari guru memang berkat adanya facebook. Jadi pertama-tama saya ucapkan “Terima Kasih Facebook” Berkatmu banyak orang di Indonesia yang tadinya lupa kalau hari ini peringatan Hari Guru Nasional jadi ingat. Mumpung udah ingat yuk kita bahas seputar hari guru. disimak ya…

Hari Guru Nasional adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap jasa para guru yang telah mengajarkan kita. Hari Guru Nasional selalu diperingati setiap tahunnya di Indonesia pada tanggal 25 November. Pada tahun ini hari Guru jatuh pada hari Jumat, 25 November 2016. Hari Guru Nasional menjadi hari yang penting untuk Indonesia yang selalu memperingati hari spesial ini dengan berbagai cara sebagai bentuk hormat pada jasa guru yang telah mengajarkan dan membentuk anak bangsa.

Peringatan Guru Nasional biasanya diperingati dengan upacara bendera serta menyenandungkan lagu hymne guru. Peringatan ini dibuat setiap tahun agar kita tidak pernah lupa betapa pentingnya jasa guru dalam hidup kita dan untuk menghargai seluruh peluh tenaga yang dikorbankan oleh guru kita untuk menjadikan kita manusia yang berilmu.

Sejarah Hari Guru Nasional
Hari Guru Nasional disepakati oleh pemerintah yang jatuh pada tanggal 25 November, dimana bertepatan dengan hari lahirnya sebuah lembaga organisasi guru yang diberi nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dimana lembaga organisasi tersebut merupakan perkumpulan seluruh guru di Indonesia. Pernahkah kamu mengetahui apa sejarah dibalik lahirnya hari guru ini yang jatuh pada tanggal 25 November ini? Sebagai pengetahuan saja, dahulu sebelum kemerdekaan Indonesia, saat Indonesia masih berada ditangan penjajah telah ada sebuah organisasi yang bernama Persatuan Guru Hindia Belanga atau PGHB di tahun 1912.

Memasuki dua dekade, nama PGHB itu diganti dengna nama PGI atau Persatuan Guru Indonesia supaya bisa keluar dari bayangan penjajahan Belanda. Akan tetapi, pada saat Indonesia masih dijajah Jepang, ada larangan untuk seluruh organisasi termasuk PGI yang akhirnya dinonaktifkan. Kemudian setelah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 dilakukan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 yang berlokasi di Surakarta. Dari situlah akhirnya tumbuh sebuah sejarah baru pada tanggal 25 November 1945 yang kemudian disebut sebagai hari berdirinya PGRI.

Hari Guru Nasional kemudian ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada tanggal 25 November yang senantiasa diadakan setiap tahun di Indonesia. Ada banyak cara yang diperbuat oleh masyarakat seperti instansi pemerintah dan sekolah untuk memeriahkan Hari Guru Nasional. Ultimatum hari Guru Nasional bisa berupa upacara bendera, menyenandungkan lagu hymne guru, dan berbagai lomba seperti lomba membaca puisi dan pidato tentang guru. Hal tersebut tentu dilakukan sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa guru yang telah tanpa tanda jasa mengajarkan kita hingga kita bisa menjadi manusia yang memiliki ilmu dan berbudi pekerti baik. Sosok guru sudah kita kenal sejak masih kecil, yang mengajari kita membaca dan menulis sampai kita bisa mengejar cita-cita kita sungguh tidak lepas dari jasa guru kita. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang jasanya akan selalu kita kenang sampai kita menutup mata, karena guru yang menjadi pencetak generasi bangsa yang berkaraktar lewat ilmu yang diberikan di bangku sekolah, jasanya harus selalu kita kenang sepanjang masa.

Selamat Hari Guru Nasional
Terima Kasih kuucapkan kepada para guru di seluruh Penjuru tanah air Indonesia terutama untuk guru-guruku di SD Negeri 3 pangkalan Balai (sekarang SD Negeri 14 Banyuasin III), Guru-guruku di SMP Negeri 1 Banyuasin III, Guru-guruku di SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III, Dosen-dosenku di Universitas Sriwijaya, serta untuk semua orang yang mengajariku. Terima kasih atas ilmu yang telah dibagikan, sungguh itu semua tidak akan habis ditelan zaman.

TERIMA KASIHKU KUUCAPKAN.

Silakan Berkomentar Menggunakan Facebook disini